Bebas...dan Terbanglah !

Bebas...dan Terbanglah !

Selasa, 23 Maret 2010

Emosi atau Logika, Pilih Mana?


Alkisah nih, ada pasangan yang lagi marahan. Si cowok nelpon ke ceweknya, eh, di tengah-tengah obrolan tiba-tiba si cewek menutup telponnya. Padahal, dalam hatinya berharap si cowok nelpon balik ke dia. Si cewek cuma mau tahu segede apa sih perasaan pasangannya sama dia. Di adegan lain nih, ketika ada cowok cekcok adu mulut sama ceweknya di dalam mobil, tiba-tiba cewek tersebut maksa minta turun dari mobil, dan berhasil. Dalam hatinya, si cewek berharap pasangannya keluar mobil buat mengejarnya, dan sebenernya emang nggak pengen turun (karena nggak bawa ongkos. Hehehe…). Dia cuma pengen ngebuktiin apa si cowok masih sayang sama dia. Btw, kasihan juga ya tuh cewek kalo nggak dikejar. Hehehe…
Yup, sepetik kisah di atas (yang banyak jadi cerita sinetron) menunjukkan kalo perempuan itu lebih emosional ketimbang laki-laki. Dalam menyikapi sesuatu or mengambil tindakan nih, cewek lebih sering pake perasaan dan emosi, berbeda dengan cowok yang cenderung memakai logika dan melihat realita yang ada. Ini sesuai dengan polling Xpresi terhadap remaja kota Palembang, yang menunjukkan kalo 57 persen Xpresia setuju bahwa cewek itu lebih emosional ketimbang cowok. “Biasanya cewek lebih banyak mengandalkan perasaan. Padahal, gak semua yang dirasakannya itu benar. Ya, emosi sesaat, gitu,” ujar Marizka Reika, mahasiswi Unsri. Tapi, ternyata ada juga loh 43 persen yang berpendapat kalo cowok juga bisa lebih pake perasaan dan jadi lebih emosional. Iyalah, secara setiap manusia kan juga punya perasaan, tapi yang ngebedain cuma seberapa besar dan seringnya perasaan itu dipake.
Nah, kalo cewek emang lebih mengandalkan perasaannya, kok bisa ya kayak gitu? Apa emang udah hukum alam?? “Cewek itu lebih menjiwai sesuatu. Ya, mungkin udah sifat dari sananya,” tukas Putri Julia, mahasiswi Unsri. Hmmm…bener juga si Putri, dan begitu juga dengan 8 persen Xpresia yang berpendapat kalo itu emang udah jadi sifat alami setiap cewek. Apalagi kalo pas saat tertentu, situasi dan kondisi yang terjadi bikin cewek jadi lebih emosional (15 persen). Nah, ada juga 24 persen yang berpikir kalo dalam keadaan tertentu nih, lebih jelasnya pas lagi ‘dapet’, si cewek bisa jadi lebih emosional. Tapi, paling banyak Xpresia yang abstain alias nggak tahu apa sebab si cewek lebih emosi. Ada 43 persen! Wah, kenapa tuh?
Lalu kenapa juga ada yang berpendapat kalo yang lebih berperasaan itu cowok, bukannya cewek? “Kan kalo cowok pas ada masalah sedikit langsung marah. Emosional banget, deh,” kata Andy Hermawan, siswi SMA Arinda Palembang. 29 persen Xpresia berpikir kalo hal itu emang udah sifatnya cowok. Hehehe…mungkin ini yang disebut dengan cowok melankolis. Hayo para cowok, siapa yang kayak gitu? Ada juga 5 persen yang berpikir kalo itu sifatnya kadang-kadang aja, alias si cowok emang lagi sensi, gitu. Tapi, faktor lingkungan sekitar berpengaruh juga, dan itu pendapatnya 5 persen Xpresia. Selebihnya sekitar 48 persen lagi-lagi sama kayak yang di atas. Abstain!
But, kalo kamu emang punya pacar, dan pacar kamu itu termasuk orang yang suka dan cepat mengandalkan emosi, apa kamu setuju sama sifatnya itu? Yup, 89 persen pada nggak suka sama pacar kayak gitu. Soalnya, pacar kayak gitu cuma bisa bikin bete dan selalu buat kita kesal sama sikapnya yang terlalu maen emosin dalam menjalankan hubungan. Repot juga kan kalo punya pacar yang dikit-dikit cemburu, dikit-dikit marah, eh, besoknya nangis-nangis. Bisa bikin kita stress juga, tuh.
Tapi ternyata ada juga lho, 10,3 persen yang pasrah sama keadaan pacarnya itu. Ya, mungkin karena udah takdir, kali. Dan itu udah jadi bagian dari sifat pasangan. So, mau nggak mau mesti kita terima apa adanya, kalo kita emang cinta. Cielahh…
Well, ini bukan masalah cowok itu nggak punya hati dan cewek itu nggak punya logika. Karena setiap manusia itu punya dua hal yang terkadang berseberangan. Hati dan logika. Antara cowok dan cewek, yang berbeda adalah seberapa besar peran hati dan logikanya, ketika menyikapi sesuatu atau mengambil keputusan. Tinggal gimana kita bersikap dan bertindak sejalan dengan akal sehat dan perasaan yang kita miliki. (x*riZqi/hNink)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar