Bebas...dan Terbanglah !

Bebas...dan Terbanglah !

Rabu, 24 Maret 2010

NGELEM, bisa merusak otak kamu!!


Gak bisa ditolak lagi Xpresia, dampak arus globalisasi dan kejamnya kota telah memangsa anak jalanan. Buktinya, hampir di setiap perempatan lampu merah ada anak jalanan yang mengamen. Banyak lagi diantara mereka yang mengais rejeki di antara tumpukan sampah dan memilih menjadi pedagang asongan. Tragisnya, mereka jadi korban kekerasan dan perbudakan narkoba.

Hal janggal bila di pandang mata orang normal, agenda sehari-hari mereka yang suka ngisap lem, alias ngelem. Ya, walaupun gak semua anak jalanan begitu. Seperti Dedi (16), “gue udah tau akibatnya kalo ngelem kita bisa kecanduan, mas. Cari makan ajah susah, apalagi harus beli lem,” ujar cowok ini diplomatis. Beda lagi dengan bocah pengamen yang gue (red:al) temuin di lampu merah. “Hidup sudah susah, tapi sekali-kali gue tidak ingin merasa susah. Dengan ngelem bisa berkhayal mengenai apapun dan sejenak mengalihkan perhatian dari kerasnya hidup yang harus dijalani, ” tuturnya. Intinya gini Xpresia, kebiasaan yang mereka melakukan ini merupakan suatu kenikmatan bagi mereka. “Dengan begini, kita bisa gampang tidur, nggak gampang lapar, apalagi pengen yang lain-lain. Pokoknya tidur aja,” ujar anak jalanan lainnya. Oh no!! Seandainya mereka tahu, seperti yang diungkapkan oleh Desi (17), siswi SMAN 3, bahwasanya ngelem yang mereka lakukan selama ini bisa berefek buruk pada badan. Buruknya terjadi pada kerusakan jalur sistem syaraf pusat, kerusakan hati dan jantung, sakit di perut dan sakit saat mengeluarkan air seni, kram otot atau batuk-batuk. Lebih parah lagi bisa mengakibatkan kanker pada sumsum tulang. Bahaya banget kan Xpresia!!

Ternyata gak hanya ngelem, beberapa anak juga kecanduan obat-obatan, mulai dari obat batuk murahan hingga pil koplo. Mereka juga acapkali meminum minuman keras yang dioplos dengan minuman bersoda. Ya, ampun! Kebiasaan apa lagi nih?! Satu kata, gila, gila, dan gila. Enaknya apa coba ngelakuin itu?! Yang jelas, itu merugikan diri sendiri dan parahnya bisa membunuh diri sendiri secara perlahan-lahan. Jangan dicoba ya, Xpresia!!

dr. H. Welly Refnealdy, M.Kes, mengungkapkan buruknya mengisap lem ini disebabkan karena lem itu sendiri mengandung Lysergic Acid Diethylamide(LSD), yang merupakan bahan kimia yang bisa merusak sel-sel otak dan membuat seseorang tidak normal. Ditambahkan pula oleh beliau bahwasanya seseorang melakukan ini karena ingin keluar dari permasalahan. Itu tadi, jalan pintasnya, ya, ngelem.

Maraknya kasus ngelem ini Xpresia, alasannya karena lem itu murah. Bayangin ajah kalo mau beli narkoba, kan budgetnya gede. Nah, kalo lem kan murah meriah. Lagian kalo ngelem kan gak bakal ditangkap yang berwajib coz lem itu kan barang legal. Di sinilah Xpresia, letak kesadaran kita, bahwa yang nentuin hidup kita itu kita sendiri. Mau rusak itu mudah bro. Yang sulit itu jadi orang yang bener. Betul gak??

Permasalahannya sekarang adalah, bagaimana kita memecahkan masalah ini. Mereka itu butuh bantuan kita Xpresia. Kasihan mereka, kadang orang seperti mereka dijauhi dan diklaim sebagai sampah masyarakat. Padahal lingkunganlah yang mengajari mereka. Seharusnya mereka dibimbing agar tidak salah jalan, bukannya dijauhi. Mengapa kita tidak merangkul mereka, berbagi pengalaman tentang kehidupan.Toh, semua manusia di hadapan Tuhan juga sama. Mereka juga saudara kita juga, loh. (Xpresi*aL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar